Rabu, 16 Desember 2015

contoh KTSP SD

KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SDN INGIN MAJU 1





       







SDN INGIN MAJU 1
Jl. Ahmad Yani 35 Desa Ingin Maju
Kecamatan Suka Makmur
Kabupaten Hidup Rukun

I.       PENDAHULUAN
  1. Rasional
SDN Ingin Maju 1 berdiri di tengah masyarakat pedesaan dan agamis. Mata pencaharian masyarakat pada umumnya pada bidang kerajinan perak dan meubel. Sebagian besar anggota masyarakat menjalankan agama secara baik. Motivasi dan keinginan orang tua menyekolahkan putra-putrinya di sekolah ini termasuk tinggi walaupun rata-rata pendidikan orangtua pada level SMP.
SDN Ingin Maju 1 memiliki beberapa prestasi baik akademik maupun non akademik yang cukup baik pada tingkat kecamatan. Prestasi ini diperoleh dengan kerja keras dan dukungan semua stakeholder. Jumlah dan kualifikasi guru memadai serta memiliki motivasi dan etos kerja yang tinggi.
 SDN Ingin Maju 1 menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan maksud untuk memberikan acuan pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah dan sumber daya sebagaimana diuraikan di atas. KTSP ini disusun untuk menjadi landasan bagi siswa agar belajar
1.      menerapkan ajaran agama berdasarkan keimanan dan ketakwaan yang dibangun
2.      mengembangkan diri berdasarkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh
3.      hidup rukun berdasarkan nilai-nilai sosial yang dimiliki
4.      mandiri berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dipelajari

B.     Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Visi SDN Ingin Maju 1
MENJADI sekolah YANG BERprestasi, MENUMBUHKAN POTENSI DAN MENGEMBANGKAN BUDAYA religi
 
Indikator Visi


·         Berprestasi dalam bidang akademik
·         Berprestasi dalam bidang olahraga
·         Berprestasi dalam bidang kesenian
·         Memiliki praktek pengembangan diri, ketrampilan dan kewirausahaan
·         Memiliki praktek dan budaya pengamalan agama


 
Misi SDN Ingin Maju 1
1.          Membudayakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 
2.          Mendorong anak didik mengenali potensi diri dan menyediakan berbagai kegiatan akademik dan non akademik untuk mengembangkannya.
3.          Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam setiap lingkup kegiatan sekolah
4.          Mengembangkan lingkungan fisik dan psikologis yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik
5.          Menyelenggarakan managemen berbasis sekolah dan pelibatan masyarakat dalam pengembangan sekolah.
 
Tujuan SDN Ingin Maju 1
Saat ini tahun 2006, maka pada tahun 2009 sekolah


1.          Memiliki peningkatan ujian akhir sebesar +0.6
2.          Memiliki tim yang menjadi juara satu lomba mata pelajaran tingkat kabupaten
3.          Menjadi juara satu olimpiade matematika tingkat kabupaten
4.          Memiliki tim yang menjadi juara tiga bidang atletik tingkat propinsi
5.          Menjadi juara pertama bola voli tingkat kabupaten
6.          Memiliki tim kesenian tari yang menjadi juara satu tingkat kabupaten
7.          Memiliki tim teater yang menjadi juara tiga tingkat kabupaten
8.          Melaksanakan pembelajaran PAKEM untuk seluruh kelas 
9.          Seluruh siswa kelas atas (IV sampai dengan VI) memiliki ketrampilan wirausaha kerajinan perak dan kayu.
10.      Seluruh siswa kelas VI mampu berpidato dan ceramah agama dengan baik.
11.      Seluruh siswa kelas atas mampu menjalankan sholat dengan baik dan tertib.



II.    STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.     Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SDN Ingin Maju 1 ditunjukkan oleh tabel di berikut ini
Komponen

                 (i)     Kelas dan Alokasi Waktu

I
II

III
IV, V, VI
A. Mata Pelajaran




1.    Pendidikan Agama



3
2.    Pendidikan Kewarganegaraan



2
3.    Bahasa Indonesia



5
4.    Matematika



5
5.    Ilmu Pengetahuan Alam



4
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial



3
7.    Seni Budaya dan Keterampilan



4
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan



4
B.   Muatan Lokal: Bahasa Daerah, Ketrampilan kerajinan perak dan atau kayu
2
2
2
2
C.   Pengembangan Diri:
1.      Bimbingan, Upacara
2.      Pramuka, Samroh, TPQ, PMR



2
Jumlah
28
29
30
32

B.      Muatan Kurikulum
1.      Mata Pelajaran
a.      Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al Quran dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman.  Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi: Al Quran dan Hadits, Keimanan, Akhlak, dan Fiqh
Matapelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut:
1)      Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2)      Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3)      Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta  menghindari perilaku tercela
4)      Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5)      Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

Untuk mencapai SKL di atas, maka disusun Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator sebagai berikut:
                      Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Al Qur’an


1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1  Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar


1.2  Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar

1.1.1.   Melafalkan kalimat-kalimat pada ayat QS Al Fatihah dengan lancar
1.1.2.   Melafalkan ayat-ayat QS Al Fatihah dengan lancar
1.2.1  Menghafal ayat demi ayat QS Al Fatihah dengan lancar
1.2.2. Menghafal ayat QS Al Fatihah secara acak dengan lancar
Aqidah


2. Mengenal Rukun Iman
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun Iman

            Menunjukkan tumbuhan, hewan, dan benda di sekitar sebagai ciptaan Allah
            Menunjukkan sikap peduli pada tumbuhan, hewan, dan benda di sekitar sebagai ciptaan Allah
2.2.1 Menyebutkan rukun iman secara berurut
2.2.2 Menunjukkan pemahaman rukun iman
2.3.1 Menghafal rukun iman secara berurut
2.3.2 Menghafal rukun iman secara acak
2.3.3 Menunjukkan sikap mengamalkan rukun iman
Akhlak
3.Membiasakan perilaku terpuji
3.1.Membiasakan perilaku jujur
3.2.Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3.Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4.Membiasakan perilaku disiplin

3.1.1 Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur
3.1.2. Menyebutkan keuntungan jujur
3.1.3 Menunjukkan perilaku jujur
3.2.1 Menjelaskan mengapa berperilaku bertanggung jawab
3.2.2 Menyebutkan keuntungan bertanggungjawab
3.2.3 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab
3.4.1 Menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin
3.4.2 Menyebutkan keuntungan berperilaku disiplin
3.4.3 Menunjukkan perilaku disipilin









Fiqih


4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2  Mencontoh tatacara bersuci

            Menjelaskan pengertian bersuci
            Menyebutkan macam-macam najis
            Menyebutkan macam-macam alat bersuci
4.2.1        Menjelaskan tatacara bersuci dari najis
4.2.2        Menjelaskan tatacara bersuci dari hadas kecil
4.2.3        Mempraktekkan tatacara bersuci dari najis
4.2.4        Mempraktekkan tatacara bersuci dari hadas
5. Mengenal Rukun Islam
5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam


5.2 Menghafal Rukun Islam

5.1.1 Menyebutkan rukun islam secara urut
5.1.2 Menunjukkan pemahaman rukun islam
5.2.1 Menghafal rukun islam secara urut
5.2.2 Menghafal rukun islam secara acak
5.2.3 Menunjukkan sikap mengamalkan rukun islam
                        dan seterusnya sampai dengan kelas VI semester 2



b.      Pendidikan Kewarganegaraan
Sesuai dengan SKL     
c.       Bahasa Indonesia
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam
d.      Matematika
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam
f.        Ilmu Pengetahuan Sosial
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam
g.      Seni Budaya dan Ketrampilan
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan Agama Islam



2.      Muatan Lokal
Sesuai dengan potensi daerah, SDN Ingin Maju 1 menyelenggarakan matapelajaran Bahasa Daerah, Kerajinan Perak, dan Kerajian kayu (meubel). Matapelajaran Bahasa Daerah diperuntukan bagi kelas I sampai dengan kelas VI.
Matapelajaran Bahasa Daerah memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut.
a.        Melestarikan budaya terutama bahasa Jawa sebagai bagian dari budaya nasional
b.       Berkomunikasi dengan bahasa Jawa baik lisan maupun tulisan dengan benar dan baik
c.        Menguasai aspek menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Jawa dengan benar dan baik.

Untuk mencapai SKL di atas, maka disusun Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator matapelajaran Bahasa daerah/Jawa:
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



Mendengarkan
1.      Memahami bunyi bahasa Jawa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita


1.1.1  Membedakan bunyi bahasa Jawa
1.1.2  ........


1.2.1     Melaksanakan isi perintah bahasa Jawa
1.2.2     ..........


1.3.1 Menyebutkan tokoh dalam cerita Jawa
1.3.2 Menceritakan ulang cerita pendek

dan seterusnya

Matapelajaran Kerajinan Perak dan Kerajinan Kayu disajikan untuk kelas IV, V, dan VI dengan struktur sebagai berikut:
No
Matapelajaran Muatan Lokal
IV
V
VI
I
II
I
II
I
II
1
Kerajinan Perak
2

2

2

2
Kerajinan Kayu

2

2

2

Matapelajaran Kerajinan Perak dan Kerajinan Kayu memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut.
d.       Memiliki jiwa wirausaha terutama pada kerajinan perak dan kerajinan kayu
e.        Menjelaskan pemilihan bahan, pembuatan design, cara membuat, dan  penyelesaian tahap akhir
f.        Terampil membuat design dan kerajinan dari bahan perak dan kayu

Untuk mencapai SKL di atas, maka disusun Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator matapelajaran Kerajinan Perak:
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



1. Menentukan bahan yang cocok untuk kerajinan perak
1.1  Memilih bahan perak
1.2  Menentukan di mana menemukan bahan

1.2.3   Mengenal berbagai bahan perak
1.2.4   Membedakan berbagai bahan perak
1.2.5   Memilih bahan perak yang cocok
1.2.1 Mengetahui cara mencari tempat penjualan bahan
1.2.2 Menyebutkan tempat-tempat penjualan bahan

dan seterusnya

3.      Kegiatan Pengembangan Diri
SDN Ingin Maju 1 menyediakan kegiatan pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan bertujuan untuk:
a.        menumbuhkembangkan potensi, minat, bakat, dan talenta para siswa
b.       menumbuhkan kreativitas dan inovasi para siswa
c.        mengembangkan kepribadian, kepekaan diri dan sosial siswa

Kegiatan ini terdiri dari
a)      kegiatan rutin yang diselenggarakan terkait dengan kegiatan intrakurikuler seperti:
·         Upacara bendera setiap hari Senin
·         Jum’at bersih: bersih diri dan lingkungan
·         Kegiatan untuk memperingati hari besar nasional dan agama
b)      kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan dua minggu sekali pada hari Sabtu siang atau Minggu. Kegiatan ini meliputi
·         TPQ
·         Pramuka
·         Samroh
4.      Pengaturan Beban Belajar
SDN Ingin Maju 1 menggunakan sistem paket untuk mengatur beban belajar. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket  dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.
Dengan sistem paket ini, siswa kelas I belajar di sekolah selama 28 jam pembelajaran, kelas II selama 30 jam pembelajaran, dan III selama 32 jam pembelajaran. Tambahan jam pembelajaran pada jam pembelajaran yang tertera pada struktur kurikulum adalah untuk matapelajaran Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Kelas IV, V, dan VI memiliki 34 jam pembelajaran setiap minggu. Alokasi waktu untuk satu jam pembelajaran adalah 35 menit. Dalam satu tahun, siswa memiliki 34 minggu efektif.
Proses belajar mengajar di SDN Ingin Maju 1 memungkinkan adanya penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri. Penugasan struktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi.Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Beban belajar  penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dibatasi maksimum 40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
5.      Ketuntasan Belajar
Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan selama ini, SDN Ingin Maju 1 menetapkan bahwa setiap indikator pada masing-masing Kompetensi Dasar dari setiap matapelajaran dinyatakan tuntas bila penguasaan siswa mencapai tingkat sebagai berikut.
Matapelajaran
Prosentase ketuntasan (%)
1.    Pendidikan Agama
85
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
75
3.    Bahasa Indonesia
75
4.    Matematika
70
5.    Ilmu Pengetahuan Alam
75
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial
75
7.    Seni Budaya dan Keterampilan
75
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
75
9.    Bahasa Daerah
70
10.  Kerajinan Perak
75
11.  Kerajinan Kayu
75

6.      Kenaikan Kelas dan Kelulusan
SDN Ingin Maju 1 menetapkan bahwa kenaikan kelas dan kelulusan dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut. 
Kriteria kenaikan kelas
a.   mempertimbangkan nilai semester ganjil dan semester genap
b.   tidak ada nilai 50 atau  kurang
c.   nilai yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  maksimal 2 (dua) mata pelajaran
d.   prosentasi kehadiran siswa minimal 90 % dari hari efektif belajar

Kriteria kelulusan
Kriteria kelulusan yang digunakan adalah mengacu pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), yakni peserta didik dinyatakan lulus dari SDN Ingin Maju 1 apabila telah
a.        menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.       memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran estetika; dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
c.       lulus Ujian Nasional (bila diberlakukan nanti)

III. KALENDER PENDIDIKAN
SDN Ingin Maju 1 menetapkan kelender pendidikan dimulai pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Kalender pendidikan berisi minggu efektif belajar, hari belajar efektif, waktu libur, dan beberapa jenis kegiatan.
Kalender pendidikan SDN Ingin Maju 1 disusun berdasarkan pertimbangan-pertimbangan berikut.
  • minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Minggu efektif belajar disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.
  • waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  • hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
  • waktu libur  berbentuk jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
  • libur jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
  • untuk libur keagamaan lebih panjang dapat diatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
  • untuk kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif. 
  • hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, kalender pendidikan SDN Ingin Maju 1 ditetapkan seperti berikut.

KALENDER PENDIDIKAN SDN INGIN MAJU 1
TAHUN PELAJARAN 2006/2007










Juli 2006
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

2
9
16
23
30



Senin

3
10
17
24
31

3 – 15  
Libur Semester 2
Selasa

4
11
18
25


1 – 3
Rapat Kerja Tahun Pelajaran 2006-2007
Rabu

5
12
19
26




Kamis

6
13
20
27




Jumat

7
14
21
28




Sabtu
1
8
15
22
29




HBE = 13
HLU = 0




ME = 2

Agustus 2006


Minggu

6
13
20
27




Senin

7
14
21
28




Selasa
1
8
15
22
29


17
Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI
Rabu
2
9
16
23
30


21
Libur Isra Mi'raj Nabi Muhammad saw.
Kamis
3
10
17
24
31




Jumat
4
11
18
25





Sabtu
5
12
19
26





HBE = 25
HLU = 2




ME = 5

September 2006


Minggu

3
10
17
24




Senin

4
11
18
25


4-16 
 Supervisi Kelas
Selasa

5
12
19
26


25-27
Libur awal puasa
Rabu

6
13
20
27


28-30
Kegiatan keagamaan
Kamis

7
14
21
28




Jumat
1
8
15
22
29




Sabtu
2
9
16
23
30




HBE = 23
HLU = 0




ME = 3

Oktober 2006


Minggu
1
8
15
22
29


 2-17
 Kegiatan keagamaan
Senin
2
9
16
23
30




Selasa
3
10
17
24
31


18-31
Libur Sekitar Idul Fitri
Rabu
4
11
18
25



24-25
Libur Idul Fitri
Kamis
5
12
19
26





Jumat
6
13
20
27





Sabtu
7
14
21
28





HBE = 13
HLU = 2




ME = 2

Nopember 2006


Minggu

5
12
19
26


1
Halal bi halal
Senin

6
13
20
27




Selasa

7
14
21
28




Rabu
1
8
15
22
29




Kamis
2
9
16
23
30




Jumat
3
10
17
24





Sabtu
4
11
18
25





HBE = 26
HLU = 0




ME = 4

Desember 2006


Minggu

3
10
17
24
31

25
Hari Raya Natal
Senin

4
11
18
25


31
Idul Adha
Selasa

5
12
19
26




Rabu

6
13
20
27




Kamis

7
14
21
28




Jumat
1
8
15
22
29




Sabtu
2
9
16
23
30




HBE = 8
HLU = 1




ME = 4

Januari 2007


Minggu

7
14
21
28




Senin
1
8
15
22
29


1
Libur Tahun Baru Masehi
Selasa
2
9
16
23
30


19
Pembagian raport semester 1
Rabu
3
10
17
24
31


20
Libur Tahun Baru Hijriyah
Kamis
4
11
18
25



24 – 31 
Libur akhir semester 1
Jumat
5
12
19
26





Sabtu
6
13
20
27





HBE = 20
HLU = 2




ME= 2

Febreuari 2007



Minggu

4
11
18
25


18 
 Libur Tahun Baru China
Senin

5
12
19
26




Selasa

6
13
20
27




Rabu

7
14
21
28




Kamis
1
8
15
22





Jumat
2
9
16
23





Sabtu
3
10
17
24





HBE = 24
HLU = 1




ME = 4

Maret 2007


Minggu

4
11
18
25


19 
Libur Tahun Baru Hindu (Saka) 
Senin

5
12
19
26


26 – 30
Supervisi kelas
Selasa

6
13
20
27


31
Libur Hari Maulud Nabi
Rabu

7
14
21
28




Kamis
1
8
15
22
29




Jumat
2
9
16
23
30




Sabtu
3
10
17
24
31




HBE = 24
HLU = 2




ME = 3

April 2007



Minggu
1
8
15
22
29


6
Libur Paskah
Senin
2
9
16
23
30




Selasa
3
10
17
24





Rabu
4
11
18
25



21
Hari Kartini
Kamis
5
12
19
26





Jumat
6
13
20
27





Sabtu
7
14
21
28





HBE = 9
HLU = 2




ME= 4

Mei 2007


Minggu

6
13
20
27




Senin

7
14
21
28


2
Hari Pendidikan Nasional
Selasa
1
8
15
22
29


17
Kenaikan Isa Almasih
Rabu
2
9
16
23
30




Kamis
3
10
17
24
31




Jumat
4
11
18
25





Sabtu
5
12
19
26





HBE = 21
HLU = 2




ME = 4

Juni 2007


Minggu

3
10
17
24


1
Libur Hari Waisak
Senin

4
11
18
25


4 – 9
Ujian Akhir Siswa Kelas VI
Selasa

5
12
19
26


18 – 23
Ujian Semester 2
Rabu

6
13
20
27




Kamis

7
14
21
28




Jumat
1
8
15
22
29




Sabtu
2
9
16
23
30




HBE = 20
HLU = 1




ME = 2

Juli 2007



Minggu
1
8
15
22
29


 2 – 14
Libur Akhir Tahun  
Senin
2
9
16
23
30




Selasa
3
10
17
24
31




Rabu
4
11
18
25





Kamis
5
12
19
26





Jumat
6
13
20
27





Sabtu
7
14
21
28





HBE = 15
HLU = 0




ME = 2

 

LAMPIRAN
1.      Program Tahunan/Program Semester


a.       Pendidikan Agama Islam
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
c.       Bahasa Indonesia
d.      Matematika
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
g.      Seni Budaya dan Keterampilan
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.        Bahasa Daerah
j.        Kerajinan Perak
k.      Kerajinan Kayu


2.      Silabus


a.       Pendidikan Agama Islam
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
c.       Bahasa Indonesia
d.      Matematika
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
g.      Seni Budaya dan Keterampilan
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.        Bahasa Daerah
j.        Kerajinan Perak
k.      Kerajinan Kayu


3.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


a.       Pendidikan Agama Islam
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
c.       Bahasa Indonesia
d.      Matematika
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
g.      Seni Budaya dan Keterampilan
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.        Bahasa Daerah
j.        Kerajinan Perak
k.      Kerajinan Kayu