KURIKULUM
TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN
SDN INGIN
MAJU 1
SDN INGIN MAJU 1
Jl. Ahmad Yani 35 Desa Ingin Maju
Kecamatan Suka Makmur
Kabupaten Hidup Rukun
I. PENDAHULUAN
- Rasional
SDN Ingin Maju 1 berdiri di tengah masyarakat pedesaan
dan agamis. Mata pencaharian masyarakat pada umumnya pada bidang kerajinan
perak dan meubel. Sebagian besar anggota masyarakat menjalankan agama secara
baik. Motivasi dan keinginan orang tua menyekolahkan putra-putrinya di sekolah
ini termasuk tinggi walaupun rata-rata pendidikan orangtua pada level SMP.
SDN Ingin Maju 1 memiliki beberapa prestasi baik
akademik maupun non akademik yang cukup baik pada tingkat kecamatan. Prestasi ini diperoleh dengan kerja keras
dan dukungan semua stakeholder. Jumlah dan kualifikasi guru memadai serta
memiliki motivasi dan etos kerja yang tinggi.
SDN Ingin
Maju 1 menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan maksud untuk
memberikan acuan pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah dan sumber daya
sebagaimana diuraikan di atas. KTSP ini disusun untuk menjadi landasan
bagi siswa agar belajar
1.
menerapkan ajaran agama
berdasarkan keimanan dan ketakwaan yang dibangun
2.
mengembangkan diri berdasarkan ilmu
dan pengalaman yang diperoleh
3.
hidup rukun berdasarkan
nilai-nilai sosial yang dimiliki
4.
mandiri berdasarkan ilmu dan
ketrampilan yang dipelajari
B. Visi, Misi dan Tujuan
Sekolah
Visi SDN Ingin Maju 1
MENJADI sekolah YANG BERprestasi, MENUMBUHKAN POTENSI DAN MENGEMBANGKAN BUDAYA religi
Indikator Visi
· Berprestasi dalam bidang akademik
· Berprestasi dalam bidang olahraga
· Berprestasi dalam bidang kesenian
· Memiliki praktek pengembangan diri, ketrampilan dan kewirausahaan
· Memiliki praktek dan budaya pengamalan agama
Misi SDN Ingin Maju 1
1. Membudayakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
2. Mendorong anak didik mengenali potensi diri dan menyediakan berbagai kegiatan akademik dan non akademik untuk mengembangkannya.
3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam setiap lingkup kegiatan sekolah
4. Mengembangkan lingkungan fisik dan psikologis yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik
5. Menyelenggarakan managemen berbasis sekolah dan pelibatan masyarakat dalam pengembangan sekolah.
Tujuan SDN Ingin Maju 1
Saat ini tahun 2006, maka pada tahun 2009 sekolah
1. Memiliki peningkatan ujian akhir sebesar +0.6
2. Memiliki tim yang menjadi juara satu lomba mata pelajaran tingkat kabupaten
3. Menjadi juara satu olimpiade matematika tingkat kabupaten
4. Memiliki tim yang menjadi juara tiga bidang atletik tingkat propinsi
5. Menjadi juara pertama bola voli tingkat kabupaten
6. Memiliki tim kesenian tari yang menjadi juara satu tingkat kabupaten
7. Memiliki tim teater yang menjadi juara tiga tingkat kabupaten
8. Melaksanakan pembelajaran PAKEM untuk seluruh kelas
9. Seluruh siswa kelas atas (IV sampai dengan VI) memiliki ketrampilan wirausaha kerajinan perak dan kayu.
10. Seluruh siswa kelas VI mampu berpidato dan ceramah agama dengan baik.
11. Seluruh siswa kelas atas mampu menjalankan sholat dengan baik dan tertib.
II. STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Struktur
kurikulum SDN Ingin Maju 1 ditunjukkan oleh tabel di berikut ini
Komponen
|
(i)
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV, V, VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama
|
|
|
|
3
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
|
|
|
5
|
4. Matematika
|
|
|
|
5
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
|
|
|
4
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
3
|
7. Seni Budaya dan Keterampilan
|
|
|
|
4
|
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
|
|
|
4
|
B. Muatan
Lokal: Bahasa Daerah, Ketrampilan kerajinan perak dan atau kayu
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri:
1.
Bimbingan, Upacara
2.
Pramuka, Samroh, TPQ, PMR
|
|
|
|
2
|
Jumlah
|
28
|
29
|
30
|
32
|
B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
a.
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlak
mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al
Quran dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta
penggunaan pengalaman. Mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam meliputi: Al Quran dan Hadits, Keimanan, Akhlak, dan Fiqh
Matapelajaran Pendidikan
Agama Islam memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut:
1) Menyebutkan,
menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai
surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2) Mengenal dan meyakini
aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan
Qadar
3) Berperilaku terpuji
dalam kehidupan sehari-hari serta
menghindari perilaku tercela
4) Mengenal dan melaksanakan
rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata
cara pelaksanaan ibadah haji
5) Menceritakan kisah
nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah
tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
Untuk mencapai SKL di atas, maka disusun Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator sebagai berikut:
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Al Qur’an
|
|
|
1. Menghafal
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
1.1.1. Melafalkan
kalimat-kalimat pada ayat QS Al Fatihah dengan lancar
1.1.2. Melafalkan
ayat-ayat QS Al Fatihah dengan lancar
1.2.1 Menghafal ayat demi ayat QS Al Fatihah
dengan lancar
1.2.2. Menghafal
ayat QS Al Fatihah secara acak dengan lancar
|
Aqidah
|
|
|
2. Mengenal
Rukun Iman
|
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT
melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan enam Rukun
Iman
2.3 Menghafal enam Rukun Iman
|
Menunjukkan tumbuhan, hewan, dan benda di
sekitar sebagai ciptaan Allah
Menunjukkan sikap peduli pada tumbuhan, hewan,
dan benda di sekitar sebagai ciptaan Allah
2.2.1 Menyebutkan rukun
iman secara berurut
2.2.2 Menunjukkan
pemahaman rukun iman
2.3.1 Menghafal rukun
iman secara berurut
2.3.2 Menghafal rukun
iman secara acak
2.3.3 Menunjukkan sikap
mengamalkan rukun iman
|
Akhlak
3.Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1.Membiasakan perilaku
jujur
3.2.Membiasakan perilaku
bertanggung jawab
3.3.Membiasakan perilaku
hidup bersih
3.4.Membiasakan perilaku
disiplin
|
3.1.1
Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur
3.1.2.
Menyebutkan keuntungan jujur
3.1.3
Menunjukkan perilaku jujur
3.2.1
Menjelaskan mengapa berperilaku bertanggung jawab
3.2.2
Menyebutkan keuntungan bertanggungjawab
3.2.3
Menunjukkan perilaku bertanggungjawab
3.4.1
Menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin
3.4.2
Menyebutkan keuntungan berperilaku disiplin
3.4.3
Menunjukkan perilaku disipilin
|
Fiqih
|
|
|
4. Mengenal tatacara
bersuci (thaharah)
|
4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
|
Menjelaskan pengertian bersuci
Menyebutkan macam-macam najis
Menyebutkan macam-macam alat bersuci
4.2.1
Menjelaskan tatacara bersuci dari
najis
4.2.2
Menjelaskan tatacara bersuci dari
hadas kecil
4.2.3
Mempraktekkan tatacara bersuci dari
najis
4.2.4
Mempraktekkan tatacara bersuci dari
hadas
|
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1 Menirukan ucapan Rukun
Islam
5.2 Menghafal Rukun Islam
|
5.1.1 Menyebutkan rukun
islam secara urut
5.1.2 Menunjukkan
pemahaman rukun islam
5.2.1 Menghafal rukun
islam secara urut
5.2.2 Menghafal rukun
islam secara acak
5.2.3 Menunjukkan sikap
mengamalkan rukun islam
|
dan
seterusnya sampai dengan kelas VI semester 2
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
Sesuai dengan SKL
c.
Bahasa Indonesia
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan
Agama Islam
d.
Matematika
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan
Agama Islam
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan
Agama Islam
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Dikembangkan seperti
matapelajaran Pendidikan Agama Islam
g.
Seni Budaya dan Ketrampilan
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan
Agama Islam
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Dikembangkan seperti matapelajaran Pendidikan
Agama Islam
2. Muatan Lokal
Sesuai dengan
potensi daerah, SDN Ingin Maju 1 menyelenggarakan matapelajaran Bahasa Daerah, Kerajinan
Perak, dan Kerajian kayu (meubel). Matapelajaran Bahasa Daerah diperuntukan
bagi kelas I sampai dengan kelas VI.
Matapelajaran
Bahasa Daerah memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut.
a.
Melestarikan budaya terutama
bahasa Jawa sebagai bagian dari budaya nasional
b.
Berkomunikasi dengan bahasa Jawa
baik lisan maupun tulisan dengan benar dan baik
c.
Menguasai aspek menulis, membaca,
mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Jawa dengan benar dan baik.
Untuk mencapai
SKL di atas, maka disusun Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
matapelajaran Bahasa daerah/Jawa:
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
|
|
Mendengarkan
1. Memahami bunyi
bahasa Jawa, perintah, dan dongeng
yang dilisankan
|
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh
dalam cerita
|
1.1.1 Membedakan
bunyi bahasa Jawa
1.1.2 ........
1.2.1 Melaksanakan
isi perintah bahasa Jawa
1.2.2 ..........
1.3.1
Menyebutkan tokoh dalam cerita Jawa
1.3.2
Menceritakan ulang cerita pendek
|
dan seterusnya
Matapelajaran Kerajinan
Perak dan Kerajinan Kayu disajikan untuk kelas IV, V, dan VI dengan struktur
sebagai berikut:
No
|
Matapelajaran Muatan Lokal
|
IV
|
V
|
VI
|
|||
I
|
II
|
I
|
II
|
I
|
II
|
||
1
|
Kerajinan Perak
|
2
|
|
2
|
|
2
|
|
2
|
Kerajinan Kayu
|
|
2
|
|
2
|
|
2
|
Matapelajaran
Kerajinan Perak dan Kerajinan Kayu memiliki Standar Kompetensi Lulusan sebagai
berikut.
d. Memiliki jiwa
wirausaha terutama pada kerajinan perak dan kerajinan kayu
e.
Menjelaskan pemilihan bahan, pembuatan design,
cara membuat, dan penyelesaian tahap
akhir
f.
Terampil membuat design dan kerajinan dari bahan
perak dan kayu
Untuk mencapai SKL di atas, maka disusun Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator matapelajaran Kerajinan Perak:
Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
|
|
1. Menentukan bahan yang cocok untuk
kerajinan perak
|
1.1 Memilih bahan perak
1.2 Menentukan di mana menemukan bahan
|
1.2.3 Mengenal
berbagai bahan perak
1.2.4 Membedakan
berbagai bahan perak
1.2.5 Memilih
bahan perak yang cocok
1.2.1 Mengetahui
cara mencari tempat penjualan bahan
1.2.2 Menyebutkan
tempat-tempat penjualan bahan
|
dan seterusnya
3. Kegiatan Pengembangan
Diri
SDN Ingin Maju
1 menyediakan kegiatan pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan bertujuan untuk:
a.
menumbuhkembangkan potensi, minat,
bakat, dan talenta para siswa
b. menumbuhkan
kreativitas dan inovasi para siswa
c.
mengembangkan kepribadian, kepekaan diri dan
sosial siswa
Kegiatan ini
terdiri dari
a)
kegiatan rutin yang
diselenggarakan terkait dengan kegiatan intrakurikuler seperti:
·
Upacara bendera setiap hari
Senin
·
Jum’at bersih: bersih diri
dan lingkungan
·
Kegiatan untuk memperingati
hari besar nasional dan agama
b)
kegiatan ekstra kurikuler yang
diselenggarakan dua minggu sekali pada hari Sabtu siang atau Minggu. Kegiatan
ini meliputi
·
TPQ
·
Pramuka
·
Samroh
4. Pengaturan Beban Belajar
SDN Ingin Maju 1 menggunakan sistem paket untuk mengatur beban belajar.
Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta
didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar
yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang
berlaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem
Paket dinyatakan dalam satuan
jam pembelajaran.
Dengan sistem paket ini, siswa kelas I belajar di sekolah selama 28 jam
pembelajaran, kelas II selama 30 jam pembelajaran, dan III selama 32 jam pembelajaran.
Tambahan jam pembelajaran pada jam pembelajaran yang tertera pada struktur
kurikulum adalah untuk matapelajaran Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia, dan
Matematika. Kelas IV, V, dan VI memiliki 34 jam pembelajaran setiap minggu.
Alokasi waktu untuk satu jam pembelajaran adalah 35 menit. Dalam satu tahun,
siswa memiliki 34 minggu efektif.
Proses belajar mengajar di SDN Ingin Maju 1 memungkinkan adanya penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri. Penugasan struktur adalah kegiatan
pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang
dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Kegiatan mandiri
tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi
pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar
kompetensi.Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Beban belajar penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dibatasi maksimum 40% dari
jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
5. Ketuntasan Belajar
Berdasarkan
pengalaman penyelenggaraan pendidikan selama ini, SDN Ingin Maju 1 menetapkan
bahwa setiap indikator pada masing-masing Kompetensi Dasar dari setiap
matapelajaran dinyatakan tuntas bila penguasaan siswa mencapai tingkat sebagai
berikut.
Matapelajaran
|
Prosentase ketuntasan (%)
|
1. Pendidikan Agama
|
85
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
75
|
3. Bahasa Indonesia
|
75
|
4. Matematika
|
70
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
75
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
75
|
7. Seni Budaya dan Keterampilan
|
75
|
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
75
|
9. Bahasa Daerah
|
70
|
10. Kerajinan Perak
|
75
|
11. Kerajinan Kayu
|
75
|
6. Kenaikan Kelas dan
Kelulusan
SDN Ingin Maju 1 menetapkan bahwa kenaikan kelas dan
kelulusan dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai
berikut.
Kriteria
kenaikan kelas
a. mempertimbangkan nilai semester ganjil dan
semester genap
b. tidak ada nilai 50 atau kurang
c. nilai yang tidak mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) maksimal 2
(dua) mata pelajaran
d. prosentasi kehadiran siswa minimal 90 % dari
hari efektif belajar
Kriteria kelulusan
Kriteria kelulusan yang digunakan adalah mengacu pada
ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), yakni peserta didik dinyatakan lulus
dari SDN Ingin Maju 1 apabila telah
a.
menyelesaikan seluruh program
pembelajaran
b.
memperoleh nilai minimal baik pada
penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran
estetika; dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
c.
lulus Ujian Nasional (bila
diberlakukan nanti)
III. KALENDER PENDIDIKAN
SDN Ingin Maju 1 menetapkan kelender pendidikan dimulai pada bulan Juli
setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Kalender pendidikan
berisi minggu efektif belajar, hari belajar efektif, waktu libur, dan beberapa
jenis kegiatan.
Kalender pendidikan SDN Ingin Maju 1 disusun berdasarkan
pertimbangan-pertimbangan berikut.
- minggu
efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap
tahun pelajaran. Minggu efektif belajar disesuaikan dengan keadaan
dan kebutuhan.
- waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam
pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh
mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan
pengembangan diri.
- hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal
yang terkait dengan hari raya keagamaan.
- waktu libur
berbentuk jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun
pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional, dan hari libur khusus.
- libur jeda
tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran digunakan
untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
- untuk libur keagamaan lebih panjang dapat diatur
hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif
belajar dan waktu pembelajaran efektif.
- untuk kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu
secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu
pembelajaran efektif.
- hari libur umum/nasional atau penetapan hari
serentak untuk setiap jenjang disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah
Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota.
Berdasarkan
pertimbangan-pertimbangan di atas, kalender pendidikan SDN Ingin Maju 1
ditetapkan seperti berikut.
KALENDER
PENDIDIKAN SDN INGIN MAJU 1
|
|||||||||||||||||
TAHUN
PELAJARAN 2006/2007
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Juli 2006
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
||||||||
Senin
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
3 – 15
|
Libur Semester 2
|
||||||||
Selasa
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
1 – 3
|
Rapat
Kerja Tahun Pelajaran 2006-2007
|
||||||||
Rabu
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 13
|
HLU = 0
|
|
|
|
|
ME = 2
|
|
||||||||||
Agustus 2006
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Senin
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
17
|
Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI
|
||||||||
Rabu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
21
|
Libur Isra Mi'raj Nabi Muhammad saw.
|
||||||||
Kamis
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 25
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME = 5
|
|
||||||||||
September 2006
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
||||||||
Senin
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
4-16
|
Supervisi Kelas
|
||||||||
Selasa
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
25-27
|
Libur
awal puasa
|
||||||||
Rabu
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
28-30
|
Kegiatan keagamaan
|
||||||||
Kamis
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 23
|
HLU = 0
|
|
|
|
|
ME = 3
|
|
||||||||||
Oktober 2006
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
2-17
|
Kegiatan keagamaan
|
||||||||
Senin
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
18-31
|
Libur Sekitar Idul Fitri
|
||||||||
Rabu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
24-25
|
Libur Idul Fitri
|
||||||||
Kamis
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 13
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME = 2
|
|
||||||||||
Nopember 2006
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
1
|
Halal bi halal
|
||||||||
Senin
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Rabu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 26
|
HLU = 0
|
|
|
|
|
ME = 4
|
|
||||||||||
Desember 2006
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
25
|
Hari Raya Natal
|
||||||||
Senin
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
31
|
Idul Adha
|
||||||||
Selasa
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
||||||||
Rabu
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 8
|
HLU = 1
|
|
|
|
|
ME = 4
|
|
||||||||||
Januari 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Senin
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
1
|
Libur Tahun Baru Masehi
|
||||||||
Selasa
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
19
|
Pembagian
raport semester 1
|
||||||||
Rabu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
20
|
Libur Tahun Baru Hijriyah
|
||||||||
Kamis
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
24 –
31
|
Libur
akhir semester 1
|
||||||||
Jumat
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 20
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME= 2
|
|
||||||||||
Febreuari 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
18
|
Libur Tahun Baru
|
||||||||
Senin
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Rabu
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
1
|
8
|
15
|
22
|
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
2
|
9
|
16
|
23
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 24
|
HLU = 1
|
|
|
|
|
ME = 4
|
|
||||||||||
Maret 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
19
|
Libur Tahun Baru Hindu (Saka)
|
||||||||
Senin
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
26 – 30
|
Supervisi
kelas
|
||||||||
Selasa
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
31
|
Libur
Hari Maulud Nabi
|
||||||||
Rabu
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 24
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME = 3
|
|
||||||||||
April 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
6
|
Libur
Paskah
|
||||||||
Senin
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|
||||||||
Rabu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
21
|
Hari Kartini
|
||||||||
Kamis
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 9
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME= 4
|
|
||||||||||
Mei 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Senin
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
2
|
Hari Pendidikan Nasional
|
||||||||
Selasa
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
17
|
Kenaikan
Isa Almasih
|
||||||||
Rabu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 21
|
HLU = 2
|
|
|
|
|
ME = 4
|
|
||||||||||
Juni 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
1
|
Libur
Hari Waisak
|
||||||||
Senin
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
4 – 9
|
Ujian Akhir Siswa Kelas VI
|
||||||||
Selasa
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
18 – 23
|
Ujian
Semester 2
|
||||||||
Rabu
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 20
|
HLU = 1
|
|
|
|
|
ME = 2
|
|
||||||||||
Juli 2007
|
|
|
|||||||||||||||
Minggu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
2 – 14
|
Libur Akhir Tahun
|
||||||||
Senin
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|
||||||||
Selasa
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|
||||||||
Rabu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|
||||||||
Kamis
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|
||||||||
Jumat
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
|
||||||||
Sabtu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
|
|
||||||||
HBE = 15
|
HLU = 0
|
|
|
|
|
ME = 2
|
|
||||||||||
LAMPIRAN
1. Program Tahunan/Program
Semester
a.
Pendidikan Agama Islam
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Bahasa Indonesia
d.
Matematika
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
g.
Seni Budaya dan Keterampilan
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
i.
Bahasa Daerah
j.
Kerajinan Perak
k.
Kerajinan Kayu
2. Silabus
a.
Pendidikan Agama Islam
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Bahasa Indonesia
d.
Matematika
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
g.
Seni Budaya dan Keterampilan
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
i.
Bahasa Daerah
j.
Kerajinan Perak
k. Kerajinan Kayu
3. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
a.
Pendidikan Agama Islam
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Bahasa Indonesia
d.
Matematika
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
g.
Seni Budaya dan Keterampilan
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
i.
Bahasa Daerah
j.
Kerajinan Perak
k.
Kerajinan Kayu