ANALISIS
Keberadaan pendidikan yang merupakan tonggak intelektualitas
merupakan hal yang sangat urgen dalam kehidupan setiap insan karena tanpa
intelektualitas yang bermutu, seorang hamba tidak akan mampu bersosialisasi
dengan yang lain. Daya intelektualitas tersebut haruslah didukung dengan
beberapa faktor-faktor, baik berupa faktor intern maupun faktor ekstern.
Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian pada jenjang
Madrasah Tsanawiyah Mmmmmmmmmm HhhhhhSssss Wwwwww. Karena, penulis menganggap
bahwa pada MTs. Mmmmmmmmmm tersebut perlu diadakannya perombakan, pembaharuan,
peningkatan pada mutu pendidikannya. Penulis fikir, dalam sekolah tersebut
haruslah ada semangat baru untuk lebih memperhatikan, meningkatkan mata
pelajaran agama terutama Bahasa Arab. Kenapa??? Karena dalam sekolah tersebut,
mata pelajaran Bahasa Arab memiliki banyak kendala yang harus dihadapi, yakni:
·
Sedikitnya waktu untuk mengajar-belajar Bahasa Arab,
yakni hanya 2,5 jam dalam satu minggu.
·
Murid-murid MTs. Mmmmmmmmmm tersebut masih belum
merasa bangga dengan Bahasa Arab. Sehingga, semangat belajar mereka masih
rendah
·
Tidak adanya BII-AH atau lingkungan ynag mendukung
·
Bahasa Arab belum menjadi pilihan utama pada sekolahan
tersebut
·
Kurang sesuainya metode yang dipakai atau diterapkan
·
Tidak adanya MUMARASAH atau pembiasaan untuk belajar, menguasai
Bahasa Arab baik aktif maupun pasif
·
Kurangnya media pembelajaran yang memadai
Tersedianya waktu yang sangat minim dalam belajar Bahasa Arab
pada MTs. Mmmmmmmmmm yakni 2.5 jam/minggu merupaka kendala yang segera harus
diatasi dengan cara menambah jam atau waktu lebih dalam pembelajaran Bahasa
Arab di MTs. Mmmmmmmmmm tersebut. Bahkan, jika memungkinkan alangkah baiknya
untuk diadakan jam atau waktu tambahan dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab yang
dapat dilaksanakan setelah waktu pelajaran aktiv usai.
Dan mengenai rasa kurang bangga terhadap Bahasa Arab.
Seharusnya, rasa kurang bangganya pelajar MTs. Mmmmmmmmmm terhadap penguasaan
Bahasa Arab tersebut haruslah dipupuk sejak pelajar MTs. Mmmmmmmmmm tersebut
masuk dalam lembaga tersebut. Yakni dengan diadakannya stimulus (mis:
diadakannya lomba pidato Bahasa Arab, drama Bahasa Arab, pembuatan video
dokumenter yang menggunakan Bahasa Arab) dan hal ini berasal dari guru yang
selanjutnya akan dilakukan oleh para pelajar dan masih dalam support atau
bimbingan guru. Hal ini dapat menimbulkan semangat besar terhadap pelajar untuk
belajar dan menguasai Bahasa Arab. Sehingga, Bahasa Arab tidaklah menjadi hantu
pelajaran Bahasa yang dibenci dan ditakuti karena sesungguhnya bidang studi
Bahasa Arab merupakan bidang study yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari
dan dikuasai bagi semua kalangan.
Tidak adanya BII-AH atau lingkungan yang tidak mendukung juga
menjadi sebuah kendala yang seharusnya diatasi dengan diciptakannnhya asrama
atau bording school, yang dapat menimbulkan terciptanya lingkunga yang sangat
mendukung. Dan dalam asrama tersebut hendaknya murid diharuskan menggunakan
Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kesehariannya, agar murid dapat terbiasa
menggunakan Bahasa Arab baik dengan cara pasif maupun aktif yang menjadikan
seluruh pelajar aktif dalam kesehariannya misalnya dalm menggunakan Bahasa Arab
di setiap harinya. Sehingga, Bahasa Arab akan menjadi pilihan utama dalm
pilihan untuk mempelajari atau menguasai Bahasa Arab karena mereka telah merasa
terbiasa menggunakan Bahasa Arab baik dengan cara aktiv maupun pasif.
Adapun mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa
Arab di MTs. Sunana Ampel memang cukup baik, karena telah banyak berbagai
metode yang telah diterapkan.yakni: dengan penerapan belajar kelompok yang
membahas tentang materi Bahasa Arab tertentu, TASLIYYAH (sekedar hiburan),
hafalan mufrodat yang dilakukan setiap minggunya, murid membaca dan menerjamah
sebuah pembahasan Bahasa Arab secara mandiri di depan siswa yang lainnya.
Namun, alangkah baiknya para guru Bahasa Arab di MTs. Mmmmmmmmmm memakai atau
menerpkan metode pembelajaran atau pengajaran Bahasa Arab lainnya karena pada
sekolah ini memang sangat membutuhkan metode pembelajaran Bahasa Arab yang
lain. Sehinggga, hasil ynag diperoleh akan lebih maximal. Diantara metode
pembelajaran atau pengajaran Bahasa Arab lain yang seharusnya diterpkan yaitu:
sebagaimana yang dijelaskan dalam buku Metodologi Pengajaran Bahasa Arab
dan buku Bahasa Arab dan Metode pengajarannya yang ditulis oleh Ahmad
Fuad Effendy dan Prof. Dr.Azhar Arsyad.
Dan mengenai media yang dipakai oleh suatu lembaga juga
sangat mempengarui hasil atau out skill dari para pelajar. Karena, dengan
adanya penunjang atau media yang lengkap atau memadai. Maka, out skill dari
suatu lembagapun akan baik.begitu pula dengan MTs. Mmmmmmmmmm. Media yang
dipakai hanyalah menggunakan al wariqoh at tadribiyyah li ath tholabat atau
sering dissebut dengan LKS, kitab-kitab Bahasa Arab, perpustakaan. Hal ini,
seharusnya ditambah dengan media-media yang lain. Seperti: Lab. Bahasa,
video/film/nyanyian Bahasa Arab, dll.karena media-media ini amatlah sangat
membantu murid MTs. Mmmmmmmmmm dalam mencapai al-qudroh atau kompetensi
yang diterpkan pemerintah dalam SKL atau Standart Kelulusan bagi jenjang MTs. Mmmmmmmmmm/sederajat
(sumber: menurut guru bidang study B.Arab yakni Nur Kholis, S. Ag)
yang mengacu pada empat maharoh yakni: Istima', Qiro'ah, Kalam dan
Kitabah. Sehingga, semua lulusan MTs. Mmmmmmmmmm menjadi murid yang berkompeten
dalam bidang Bahasa Arab, hal ini dapat berakibat untuk menjadikan para siswa
MTs. Mmmmmmmmmm mampu menguasai bidang-bidang study lainnya.
Dengan adanya perombakan, pembaharuan,peningkatan pada Mata
pelajaran Bahasa Arab yang telah disebut diatas. Peluang dalam pembelajaran dan
penguasaan Bahasa Arab, murid MTs. Mmmmmmmmmm dapat menjadi lebih
mudah,efektif,efisien dan menyenangkan
DAFTAR PUSTAKA
1. Arsyad, Azhar.
2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta :
Pustaka Pelajar
2. Fuad Effndy,
Ahmad. 2004, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat
3. Daradjat,
Zakiyah. 2002,Kepribadian guru: Bulan Bintang
4. Nasution, S.
2006, Belajar dan Mengajar, Jakarta :
Bumi Aksara
5. Slameto. 1995,
Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta
6. Laurel,Schmidt.
2002, Jalan Pintas Menjadi 7 kali Lebih Cerdas, Bandung : Kaifa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar