Rabu, 16 Desember 2015

contoh program kerja TK


Kata Pengantar

Dengan mengucap puji syukur Alhamdulillah atas rahmat dan nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan meridhoi segala usaha yang kita lakukan terutama di Tk Dharma Wanita Kludan Tanggulangin.
Pada kesempatan ini kami mencoba menyusun Program Kerja dan Kegiatan TK Dharma Wanita Kludan Tanggulangin tahun ajaran 2009 – 2010. tujuan dari program tersebut untuk memudahkan agar kegiatan dan kerja yang ada di TK dapat terlaksana dengan baik dan kami berharap dapat ikut mendampingi dan mengantar anak didik untuk semakin siap masuk kejenjang yang lebih tinggi ( pendidikan Dasar ).
Kami menyadari TK kami masih memiliki banyak kekurangan, untuk itu kami mohon bantuan Bapak / Ibu guru, pengurus, wali murid untuk memberikan kritik dan saran agar TK kami dapat eksis dalam segala hal.




Sidoarjo, 19 Juli 2009

Kepala TK




( Rohma Yulia )























BAB

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Berdasarkan PP. No.27 Th.1990 Taman Kanak-Kanak adalah salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi usia empat tahun sampai memasuki sekolah dasar.
Seorang kepala TK dalam menjalankan tugasnya mempunyai fungsi sebagai educator, administrator, supervisor, leader dan motivator dan sebagai manager, sebagai seorang manager kepala TK harus melaksanakan :
            - programming : menyusun program
            - organizing                 : mengorganisir perangkat sekolah
            - actuating                   : melaksanakan program
            - controlling                 : melakukan control pelaksanaan program

B. Dasar

Program kerja kepala sekolah TK ini kami susun berdasarkan :
  1. Tap MPR No. ll / MPR/1993 yang menyebutkan titik berat pembangunan pendidikan di letakkan pada peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dasar dan menengah dalam rangka mewujudkan dan memantapkan pelaksanaan wajib belajar serta peningkatan perluasan belajar pada tingkat menengah.
  2. Untuk melaksanakan tugas juga dilandasi dengan surat keputusan Mendikbud No. 0296/D/78 Bab ll pasal 5 yang berbunyi bahwa kepala sekolah mempunyai tugas memimpin TK.
  3. Untuk melaksanakan tugasnya, kepala sekolah berpedoman pada SK DIKDASMEN tanggal 3 Januari 1978 No 014/C/Kep/0/87 yang berisi : Setiap sekolah diwajibkan menyusun program kerja tahun secara lebih rinci

C. Tujuan

Program kerja kepala TK disusun agar dapat memberikan arahan dan tuntutan kerja yang tepat bagi semua aparat pelaksana Kependidikan di lingkungan TK Dharma Wanita Kludan Tanggulangin Kepala TK, penyelenggara, peserta didik maupun orang tua murid yang bergabung dalam Komite sekolah sehingga tercapai organisasi, integrasi serta sinkronisasi seluruh aparat tersebut di atas

Struktur Kurikulum

TK Dharma Wanita Kludan Tanggulangin Sidoarjo



PROGAM KEGIATAN BELAJAR


1.      Moral
2.      Agama
3.      Sosial
4.      Emosional
5.      Kemandirian
 
1. Bahasa
2. Kognitif
3. Fisik dan Motorik
4. Seni
 
 























               

























Standar Output

Putra – Putri TK Dharma Wanita Kludan Tanggulangin


Bidang Pengembangan
Materi
Hasil yang dicapai
1. Pendidikan Agama
A. Mengenal macam-macam agama :
     Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha

B. Mengenal tempat-tempat ibadah bagi      agama masing-masing.

C. Mengenal Rukun Islam
     - melafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya
     - melakukan gerakan wudhu dan sholat
     - melafalkan doa-doa sehari-hari
     - melafalkan surat-surat pendek
     - praktek zakat
     - melakukan praktek ibadah puasa dan melafalkan doa berbuka puasa

D. Mengenal Rukun Iman
     - menyanyikan lagu-lagu Islami
     - bercerita tentang kisah-kisah nabi
     - berdiskusi tentang kitab-kitab Allah

E. Meafalkan kalimat toyyibah
     - Takbir                -  Istighfar
     - Tahmid              -  Shalawat
     - Tasbih               -  InsyaAllah
     - Tahlil

F. Mengenal huruf hijaiyah








Tekun dan Istiqomah dalam beribadah
2. Sosial, Emosional dan Kemandirian
- Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
- Sabar menunggu giliran
- Berhenti bermain pada waktunya





- Mau menerima tugas dan mengerjakan sendiri
- Bertanggungjawab atas apa yang dilakukan
- Melaksanakan tata tertib di sekolah




- Mendengarkan orang rua/teman berbicara
- Berbahasa sopan dalam berbicara
- Mudah bergaul / berteman
- Dapat / suka menolong teman
- Mau berbagi dengan teman
Anak dapat menunjukkan emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan serta perasaannya


Anak berlatih bertanggungjawab dan selalu tertib dan patuh pada peraturan


Tumbuhnya sikap kerja sama
3. Bahasa
- Menyebutkan identitas diri
- Menceritakan pengalaman sendiri
- Bercerita gambar yang dibuat sendiri



- Senang melihat gambar
- Dapat mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana



- Dapat menghubungkan kata dengan benda
- Membaca gambar yang memiliki kata / kalimat sederhana
- Dapat menceritakan isi cerita
- Menghubungkan tulisan dengan symbol yang melambangkannya

Dapat berkomunikasi / berbicara secara lisan


Mengenal hubungan antara bahasa/tulisan dengan lisan


Dapat mengenal symbol-simbol sederhana
4. Kognitif
- Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran, jenis dan warna
- Mengenal kasar- halus, berat ringan, panjang-pendek,jauh-dekat dll


- Demonstrasi mencampur warna, konsep terapung-tenggelam, melayang, mengenal konsep udara, mengamati dengan kaca pembesar.


- Menyebut urutan bilangan
- Mengenal konsep bilangan dengan benda-benda
- Menyebutkan benda-benda yang baru dilihatnya


- Menyebutkan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri



- Mengerjakan maze
- Menyusun kepingan puzzle



- Mengukur panjang dengan langkah


- Menyebut nama-nama hari dan bulan
- Menyatakan dan membedakan waktu (pagi,siang,malam)


- Mengenal konsep penambahan dan pengurangan


Anak dapat mengenal benda disekitarnya



Anak dapat mengenal konsep sains sederhan


Anak dapat mengenal bilangan



Anak dapat mengenal bentuk geometri


Anak dapat memecahkan masalah sederhana


Anak dapat mengenal ukuran

Anak dapat mengenal konsep waktu


Anak dapat mengenal konsep matematika sederhana
5. Fisik dan Motorik
- Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin
- Menjiplak dan meniru membuat garis
- Meniru melipat kertas
- Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali sepatu
- Menggunting bebas
- Merobek bebas
- Menyusun menara dari kubus

- Membuat lingkaran dan segi empat
- Menangkap dan melempar bola
- Meloncat, melompat, berjinjit, berdiri di atas satu kaki, menendang bola
- Senam irama
- Senam si buyung
- Gerak dan lagu
Anak dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan otot dan koordinasi




Anak dapat menggerakkan kaki dan lengannya untuk kelenturan otot


6. Seni
- Mewarnai , menggambar bebas





- Meronce manik-manik
- Bermain dengan kubus / balok
- Menganyam, mencocok
- Membatik
- Stempel / mencetak dengan berbagai media
- Melukis dengan jari


- Mengikuti gerakan tari sederhana
- Bersyair
- Mengekspresikan diri sesuai dengan irama musik
- Bermain musik dengan alat musik sederhana
- Menyanyikan beberapa lagu anak-anak
Anak dapat menggambar dan mewarnai sederhana


Anak dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media




Anak dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerakan sederhana, anak dapat menyanyi dan bermain alat musik

7. Bahasa Inggris
- Merespon kalimat “ How are you ? “
- Mengucapkan kalimat “ Good morning and good bye!”
- Memperkenalkan diri dengan mengucapkan kalimat “ My name is…”
- Berhitung 1-10 untuk kelompok A dan 1-20 untuk kelompok B
- Menghafal aneka warna dalam bahasa Inggris
- Mengucapkan “head,eye,mouth,ear,nose”


- Mengucapkan dan mengetahui arti “father,mother,brother,sister”
- Menyanyikan lagu “ One and one”





- Mengucapkan benda-benda disekitar kita “table,chair,house,window,waste,basket,television”
- Mengucapkan benda-benda di kelas “rubber,pencil,pen,ruler,book,bag”




- Mengucapkan aneka macam makanan dan minuman “ cake,ice cream,candy,tea,juice,bread,milk”
- Mengucapkan mekanan dan minuman kesukaan mereka dengan kalimat “ I like….”



- Mengucapkan dan membedakan “shirt,skirt,trousers,wardrobe,dress,short,shoes,socks
- Mengucapkan benda-benda kepunyaan mereka dengan kalimat “ I have….”


- Mengucapkan “fish,cow,cat,dog,frog,bird”
- Menirukan suara dan gerakan hewan-hewan tersebut
- Mengetahui hewan-hewan jinak dan buas (tame and wild animals)
- Mengucapkan “ rabbit,tiger,horse,zebra”


- Mengucapkan aneka macam buah-buahan “watermelon,banana,pineapples,strawberry”
- Mengetahui bagian-bagian tanaman “ root,stem fruit,leaves”




- Mengucapkan dan mengenali aneka kendaraan “car,bicucle,ship,plane”
- Menirukan suara-suara kendaraan tersebut





- Mengucapkan aneka pekerjaan “farmer,teacher,pilot,doctor,sailor”
- Mengucapkan kalimat “ I am a….(sesuai dengan cita-cita mereka)




- Mengucapkan aneka alat komunikasi “television, radio,telephone, letter,computer”
- Melakukan percakapan singkat lewat telepon dengan kalimat” Hi,…this is Ica. How are you Rena?”



- Mengucapkan kalimat “ a blue ballon,a red ballon“
- Mengucapkan dan membedakan banda-benda alam semesta “mountain,star,rainbow,sun,moon,sea”

Anak dapat memperkenalkan diri,mengenal warna,bagian tubuh serta berhitung dalam bahasa Inggris




Anak dapat mengucapkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris serta menyanyi lagu


Anak dapat mengenali dan mengucapkan benda-benda di sekitar kita dalam bahasa Inggris


Anak dapat mengenali dan mengucapkan aneka makanan dan minuman dalam bahasa Inggris


Anak dapat membedakan dan mengucapkan jenis-jenis pakaian


Anak dapat membedakan dan mengucapkan jenis-jenis hewan dalam bahasa Inggris



 Anak dapat membedakan dan mengucapkan jenis-jenis tanaman dalam bahasa Inggris


Anak dapat membedakan dan mengucapkan jenis-jenis kendaraan dalam bahasa Inggris


Anak dapat membedakan dan mengucapkan aneka pekerjaan dalam bahasa Inggris


Anak dapat membedakan dan mengucapkan alat-alat komunikasi dalam bahasa Inggris


Anak dapat membedakan dan mengenali benda-benda di alam semesta dalam bahasa Inggris
















































PROGRAM PENGAJARAN


-          Program Pengajaran Modifikasi dari Depdiknas Al Islam
-          Lama pendidikan  :
§  2 tahun dari umur 4 – 6 tahun
§  Kelompok A umur 4 – 5 tahun
§  Kelompok B umur 5 – 6 tahun

-          Lama waktu belajar : 2,5 jam + 1 jam kegiatan ekstrakurikuler
-          Kegiatan ekstrakurikuler :
1.      Tartil Al Qur’an (terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar)
2.      Bahasa Inggris  ( terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar )
3.      Drum Band
4.      Sempoa
5.      Menari
6.      Melukis


































Perencanaan Pendanaan 5 – 10 tahun ke depan



Rencana Penambahan

  1. Penambahan buku-buku bacaan anak ( perpustakaan )
  2. Penambahan mainan di dalam kelas
  3. Pembuatan 5 sudut pembelajaran
  4. Pembuatan tenda di halaman


Pendanaannya :

  1. Dari uang kas
  2. Dari uang pendaftaran
  3. Dari wali murid
  4. Dari uang Block grand























Jadwal Kegiatan TK
Tahun Pelajaran 2010 – 2011

No
Bulan
Kegiatan
Keterangan
1
Juli
- Mengikuti senam massal dalam rangka Hari Anak Nasional 2010

2
Agustus
Mengikuti HUT RI ke 65
- Mengikuti jalan sehat IGTKI kec.Tanggulangin
- Lomba mengambil bendera
- Lomba memasukkan bola ke dalam keranjang

Kelompok A dan B

Kelompok A
Kelompok B
3
September
Kegiatan Ramadhan
- Pondok Ramadhan
- Zakat Fitrah
- Halal-Bihalal

Kelompok A dan  B
4
Oktober
Renang di Permata
Kelompok A dan B
5
Nopember
- Memotong hewan qurban
- Jalan-jalan ke toko
Kelompok A dan B
6
Desember
- Pawai ta,aruf “Tahun Baru Hijriyah”
- Pentas Seni
Kelompok A dan B

7
Januari
- Studi wisata ke “Juanda” dilanjutkan dengan Out Bond
Kelompok A dan B
8
Februari
Renang ke Candi Pari
Kelompok A dan B
9
Maret
- Memperingati Maulud Nabi
- Mewarnai
Kelompok A dan B
10
April
Memperingati Hari Kartini
- Lomba Ratu Luwes
- Bersyair

Kelompok A dan B
11
Mei
- Mengikuti Kegiatan Hari Anak Nasional
- Memperingati Hari Pendidikan Nasional
Kelompok B
12
Juni
- Pentas Seni TK DW Kludan
- Lomba Drum Band
Kelompok A dan B
Kelompok B
Catatan : Kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi
                                                                                                            Sidoarjo, 12 Juli 2010
                                                                                                            Kepala TK

                                                                                                            Rohma Yulia, Spd

PROGRAM KERJA
KEPALA TK DHARMA WANITA KLUDAN
TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010

 




















TK DHARMA WANITA KLUDAN
TANGGULANGIN



PROGRAM KERJA
KEPALA TK DHARMA WANITA KLUDAN
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

 




















TK DHARMA WANITA KLUDAN
TANGGULANGIN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar