EVALUASI DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Pokok Bahasan : الوضوء
Maharah Lughowiyah : kitabah
Kelas / Semester : X1/ Gasal
Standar kompetensi :Meningkatkan kwalitas ibadah siswa/siswi
kepada Allah melalui pemahaman materi pokok secara jelas, mendalam dan
memberikan pengertian, pemahaman terhadap siswa/siswi mengenai aturan atau cara
berwudlu dengan baik, tepat sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
Setelah pembelajaran ini selesai,
diharapkan siswa/siswi mampu:
1. Memiliki atau
mengetahui mufrodat baru beserta pengertiannya.
2. Dapat
mengetahui, mengerti, menyebutkan dalil-dalil mengenai bersesuci dari hadast
kecil atau الوضوء
3. Menjelaskan
aturan atau tata cara berwudlu dengan baik, tepat.
4. Mengimplementasikan
cara berwudlu dengan baik, tepat dalam kehidupan sehari-hari.
5. Meningkatkan
kwalitas ibadah siswa/siswi dengan berwudlu yang baik, tepat.
Materi Pokok :
الوضوء (sebagaimana
telampir pada halaman selanjutnya)
Evaluasi :
1. Tes (tes tulis)
2. Non tes
(performance)
3. Non tes
(portofolio)
4. Non tes (sikap)
Evaluasi dan penilaian :
1.Tes (bentuk
tes tulis)
Penilaian
tes tulis ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, psikomotor
siswa/siswi dalam memahami materi pokok الوضوء dengan
format penilaian essai, mendiskripsikan gambar secara urut, menyusun kalimat
berdasarkan kosa kata.
I. Dalam evaluasi
ini, lebih menekankan kepada kemampuan kognitif siswa/siswi yang terdiri dari
beberapa tingkatan kognitif yakni evaluation, analysis, application,
comprehension, knowledge.
A.
التدريب على الفهم
أجب عن هذه الأسئلة وفقا للنص السابق
B.
أ. أذكر أية تدل
على وجوب الوضوء!
.........................................................................................................
.........................................................................................................
ب. ماذا
دعاه المتوضئ بعد الإنتهاء من الوضوء؟
........................................................................................................
.........................................................................................................
ت. ما
أعمال تسن للمتوضئ أن يفعلها وأية منها تفرض ؟
الأعمال المسنونة :
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
الأعمال المفروضة :
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
C. Kunci Jawaban
أ. Dalam
Surat Al Maidah ayat : 6
$pkr'¯»t úïÏ%©!$#
(#þqãYtB#uä #sÎ)
óOçFôJè%
n<Î) Ío4qn=¢Á9$#
(#qè=Å¡øî$$sù öNä3ydqã_ãr
öNä3tÏ÷r&ur
n<Î) È,Ïù#tyJø9$#
(#qßs|¡øB$#ur öNä3ÅrâäãÎ/
öNà6n=ã_ör&ur
n<Î) Èû÷üt6÷ès3ø9$# 4
ب.أشهد
أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله , اللهم اجعلني من التوابين و اجعلني
من المتطهرين
ت.الأعمال
المسنونة : * يقرأ المتوضئ أولا ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$#
* يغسل اليدين إلى المرفقين
* يتمضمض
* يستنشق ويستنشر ثلاثا
* أن يكون الغسل ثلاثا
* أن يقدم الشيء اليمنى على اليسرى
* أن يدعو الله بعد الوضوء
* وغير ذلك
الأعمال المفروضة :
* يغسل الوجه
* يغسل اليدين
* يغسل الرجلين
* ينوي الوضوء
* يمسح بعض الرأس
D. Masing
–masing jawaban dari pertanyaan tersebut di atas memiliki skor 10. Jadi,
seluruh skor bernilai 30. Adapun perincian penilaian untuk nomer 3 dibagi
menjadi 2, yakni =5
II. Dalam tipe
evaluasi tes ini, penilainnya lebih diutamakan pada kemampuan kognitif dan
afektif siswa/siswi yang terdiri dari beberapa tingkatan yakni: valuing
(mengemukakan pendapat), receiving (memperhatikan, melihat), comprehension (memperkirakan),
knowledge (mengidentifikasi, mengurutkan), organization (memformulasikan,
membuat sistematisasi).
Hal
ini termasuk tugas/assignment yang dapat dikerjakan oleh siswa/siswi di rumah
dengan cara : guru memberikan beberapa gambar dan guru memberikan instruksi
agar murid memperhatikan gambar-gambar tersebut dengan teliti kemudian murid
diinstruksikan membuat إنشاء baik huur ataupun muwajjah.dan dIkumpulkan
atau diteliti oleh guru pada pertemuan berikutnya.
A. mendeskripsikan suatu
gambar secara berurutan (إنشاء )
بين!!! ماذا فعل محمود كما في الصورة
التالية .
B.
C. Format penilaian dan
scoring.
Format
penilaian dan scoring dalam mendeskripsikan suatu gambar secara berurutan ini,
dilihat dari beberapa factor yakni : kesinambungan kalimat, qowaid dan hal ini
memiliki skor =0-10.
III. Evaluasi ini,
dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan atau tingkat kognitif dan afektif
siswa/siswi yang terdiri dari valuing, receiving, sintesis, analisis,
application (memberi contoh) yakni:
Menyusun kalimat
berdasarkan kosa kata.
a.
ضع
هذه الكلمة في الجملة !!!
نحو : يغسل – وجه
يجب على المتوضئ أن يغسل الوجه
b
ثلاث – مرات
ذكر - القرآن
c .format penilaian dan scoring pada evaluasi
ini, dilihat dari kesinambungan antara satu kata dengan pasangan katanya.dan
dalam hal ini masing-masing contoh diberi nilai 5. jadi, dengan evaluasi dengan
cara menyusun kalimat berdasarkan kosa kata ini memiliki skor= 0-10.
Scoring:
Scoring tes tulis : I= masing masing
soal bernilai 0-10=30
II =10
III =masing-masing poin 5 =10
Scoring akhir tes tulis =skor I + skor
II + skor III
=…………
2. Non tes
(penilaian kinerja/performance)
Aspek-aspek yang dinilai
untuk menentukan ketercapaian indikator:
·
Kemampuan menanggapi / menjawab problematika.
·
Partisipasi dalam deskripsi praktek
·
Kemampuan mengapresiasikan/ menirukan prektek dalam
berwudlu
·
Implementasi wudlu” yang baik, tepat dalam keseharian
a.
Format penilaian
No
|
N A M A
|
Nilai Tingkat Pencapaian
|
|||
Menanggapi Problematika
|
Partisipasi
|
Apresiasi
|
Implementasi
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
Rata-rata skor
|
|
|
|
|
b. Rublik penilaian
Dilakukan
dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ nara tif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P.
Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah
dicapai siswa dengan skala angka (
missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang,
skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala
90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad
A,B,C,D ataupun E.
P.
anecdotal/ nara tif=
menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk
mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P. Memori
hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa membuat
catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat kembali
performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini tidak
direkomendasikan).
Rubrik
penilaian
Tingkat pencapaian
|
kualifikasi
|
deskripsi
|
90-100
|
A
|
SANGAT BAIK
|
80-89
|
B
|
BAIK
|
65-79
|
C
|
CUKUP
|
55-65
|
D
|
KURANG
|
10-54
|
E
|
SANGAT KURANG
|
Skoring terentang antara 10-100
3.Non tes
(portofolio)
Penilaian ini ditujukan
untuk mengukur kemampuan, kreatifitas
siswa/siswi.
a. Format penilaian
No
|
Aspek
penilaian
|
Skor tercapai
|
CATATAN
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
Kemampuan
dalam qowaid
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kesinambungan
dalam membuat kata/ kalimat (إنشاء)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kerapian
tulisan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Keindahan
tulisan
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan/
kebenaran tulisan arab
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
skor (diambil yang dominant)
|
|
|
|
|
|
|
b. Rublik penilaian
Dilakukan
dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ nara tif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P.
Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah
dicapai siswa dengan skala angka (
missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang,
skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala
90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad
A,B,C,D ataupun E.
P.
anecdotal/ nara tif=
menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk
mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P.
Memori hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa
membuat catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat
kembali performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini
tidak direkomendasikan).
Rubrik
penilaian
Tingkat pencapaian
|
kualifikasi
|
deskripsi
|
90-100
|
A
|
SANGAT BAIK
|
80-89
|
B
|
BAIK
|
65-79
|
C
|
CUKUP
|
55-65
|
D
|
KURANG
|
10-54
|
E
|
SANGAT KURANG
|
Skoring terentang antara 10-100
4. Non tes (sikap)
Penilaian
ini merupakan penilaian tehadap aspek-aspek non intelektual seperttio, sikap,
minat, motivasi dan lain sebagainya.
Penilaian
sikap/afektif diperlukan, mengingat penilaian sikap/afektif diperlukan,
mengingat penilain sikap/afektif berpengaruh terhadap perilaku siswa/siswi
dimasa yang akan dating. Siswa/siswi yang memiliki sikap positif terhadap
belajar akan menjadi pembelajar dimasa depan.
Agar
dapat meningkatkan kwalitas ibadah siswa/siswi kepada Allah yang tercermin dari
akhlak atau tingkah laku siswa/siswi dalam kesehariannya. Maka, siswa/siisiwi
dapat dinilai oleh dirinya sendiri, oran g lain
(ex: teman, oran g
tua.) melalui format penilaian sebagai berikut:
a. Format Penilaian
Orang lain.
no
|
Aspek
sikap
|
Skor tercapai
|
Catatan
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
Dapat menirukan/ mengapresiasikan
tata cara berwudhu’ yang baik, tepat. Sehingga dapat mengiplementasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Senantiasa melakukan hal-hal yang
disunnahkan dalam berwudhu’
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Berdo’a setiap kali sehabis
wudhu’
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengimplementasikan tata cara
berwudhu’ sebagaimana yang telah dipraktekkan
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Mampu membuat sebuah karangan/ إنشاءsecara
kritis, tepat
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Sikap kepribadian secara umum
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Sikap positif terhadap orang lain
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Kemandirian dan kepercayaan diri
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Sikap positif terhadap belajar
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Bijaksana (berpikiran tajam,
berwawasan luas, cermat, teliti)
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
skor tercapai
|
|
|
|
|
|
|
b. Rublik penilaian
Dilakukan
dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ nara tif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P.
Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah
dicapai siswa dengan skala angka (
missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang,
skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala
90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad A,B,C,D
ataupun E.
P.
anecdotal/ nara tif=
menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk
mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P.
Memori hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa
membuat catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat
kembali performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini
tidak direkomendasikan).
Rubrik
penilaian
Tingkat pencapaian
|
kualifikasi
|
deskripsi
|
90-100
|
A
|
SANGAT BAIK
|
80-89
|
B
|
BAIK
|
65-79
|
C
|
CUKUP
|
55-65
|
D
|
KURANG
|
10-54
|
E
|
SANGAT KURANG
|
Skoring terentang antara
10-100
c. Format penilaian diri
sendiri.
Evaluasi
dan penilaian non tes (sikap) dapat dilakukan oleh diri sendiri pula. Yang
biasa disebut dengan SELF ASSESSMENT.
Contoh : Self Assessment.
Penentuan penilaian akhir/ total
scoring:
Total skor akhir =
=
=
=……
Keterangan
: ST= Skor tes tulis
SK=
Skor non tes(performance)
SP=
Skor non tes(portofolio)
SS=
Skor non tes (sikap)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar