Rabu, 16 Desember 2015

evaluasi penilaian mata pelajaran bahasa arab. MA. tema wudhu'. kitabah kelas XI

EVALUASI DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB


Satuan pendidikan                   : Madrasah Aliyah
Pokok Bahasan              : الوضوء
Maharah Lughowiyah    : kitabah
Kelas / Semester             : X1/ Gasal
Standar  kompetensi     :Meningkatkan kwalitas ibadah siswa/siswi kepada Allah melalui pemahaman materi pokok secara jelas, mendalam dan memberikan pengertian, pemahaman terhadap siswa/siswi mengenai aturan atau cara berwudlu dengan baik, tepat sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Kompetensi Dasar :
Setelah pembelajaran ini selesai, diharapkan siswa/siswi mampu:
1.     Memiliki atau mengetahui mufrodat baru beserta pengertiannya.
2.     Dapat mengetahui, mengerti, menyebutkan dalil-dalil mengenai bersesuci dari hadast kecil atau الوضوء
3.     Menjelaskan aturan atau tata cara berwudlu dengan baik, tepat.
4.     Mengimplementasikan cara berwudlu dengan baik, tepat dalam kehidupan sehari-hari.
5.     Meningkatkan kwalitas ibadah siswa/siswi dengan berwudlu yang baik, tepat.

Materi Pokok :
الوضوء (sebagaimana telampir pada halaman selanjutnya)


Evaluasi :
1.     Tes (tes tulis)
2.     Non tes (performance)
3.     Non tes (portofolio)
4.     Non tes (sikap)

Evaluasi dan penilaian :
1.Tes (bentuk tes tulis)
Penilaian tes tulis ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, psikomotor siswa/siswi dalam memahami materi pokok الوضوء dengan format penilaian essai, mendiskripsikan gambar secara urut, menyusun kalimat berdasarkan kosa kata.

I.      Dalam evaluasi ini, lebih menekankan kepada kemampuan kognitif siswa/siswi yang terdiri dari beberapa tingkatan kognitif yakni evaluation, analysis, application, comprehension, knowledge.
A.
التدريب على الفهم
أجب عن هذه الأسئلة وفقا للنص السابق
B.
أ‌.      أذكر أية تدل على وجوب الوضوء!         .........................................................................................................
.........................................................................................................
ب‌. ماذا دعاه المتوضئ بعد الإنتهاء من الوضوء؟
........................................................................................................
.........................................................................................................


ت‌. ما أعمال تسن للمتوضئ أن يفعلها وأية منها تفرض ؟
الأعمال المسنونة     : .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
الأعمال المفروضة        : .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
                             .....................................................................................................
C. Kunci Jawaban
أ‌.       Dalam Surat Al Maidah ayat : 6
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä #sŒÎ) óOçFôJè% n<Î) Ío4qn=¢Á9$# (#qè=Å¡øî$$sù öNä3ydqã_ãr öNä3tƒÏ÷ƒr&ur n<Î) È,Ïù#tyJø9$# (#qßs|¡øB$#ur öNä3ÅrâäãÎ/ öNà6n=ã_ör&ur n<Î) Èû÷üt6÷ès3ø9$# 4
ب‌.أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله , اللهم اجعلني من التوابين و اجعلني من المتطهرين
ت‌.الأعمال المسنونة : * يقرأ المتوضئ أولا ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
                        * يغسل اليدين إلى المرفقين
                         * يتمضمض
                         * يستنشق ويستنشر ثلاثا
                         * أن يكون الغسل ثلاثا
                         * أن يقدم الشيء اليمنى على اليسرى
                         * أن يدعو الله بعد الوضوء
                         * وغير ذلك
الأعمال المفروضة       :  * يغسل الوجه
                         * يغسل اليدين
                         * يغسل الرجلين
                         * ينوي الوضوء
                         * يمسح بعض الرأس

D. Masing –masing jawaban dari pertanyaan tersebut di atas memiliki skor 10. Jadi, seluruh skor bernilai 30. Adapun perincian penilaian untuk nomer 3 dibagi menjadi 2, yakni =5

II.   Dalam tipe evaluasi tes ini, penilainnya lebih diutamakan pada kemampuan kognitif dan afektif siswa/siswi yang terdiri dari beberapa tingkatan yakni: valuing (mengemukakan pendapat), receiving (memperhatikan, melihat), comprehension (memperkirakan), knowledge (mengidentifikasi, mengurutkan), organization (memformulasikan, membuat sistematisasi).
Hal ini termasuk tugas/assignment yang dapat dikerjakan oleh siswa/siswi di rumah dengan cara : guru memberikan beberapa gambar dan guru memberikan instruksi agar murid memperhatikan gambar-gambar tersebut dengan teliti kemudian murid diinstruksikan membuat إنشاء baik huur ataupun muwajjah.dan dIkumpulkan atau diteliti oleh guru pada pertemuan berikutnya.
A. mendeskripsikan suatu gambar secara berurutan (إنشاء )
بين!!! ماذا فعل محمود كما في الصورة التالية .

B.










C. Format penilaian dan scoring.
Format penilaian dan scoring dalam mendeskripsikan suatu gambar secara berurutan ini, dilihat dari beberapa factor yakni : kesinambungan kalimat, qowaid dan hal ini memiliki skor =0-10.

III.     Evaluasi ini, dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan atau tingkat kognitif dan afektif siswa/siswi yang terdiri dari valuing, receiving, sintesis, analisis, application (memberi contoh) yakni:
Menyusun kalimat berdasarkan kosa kata.
a.
ضع هذه الكلمة في الجملة !!!
نحو    : يغسل – وجه
          يجب على المتوضئ أن يغسل الوجه
b
          ثلاث – مرات
          ذكر - القرآن
c .format penilaian dan scoring pada evaluasi ini, dilihat dari kesinambungan antara satu kata dengan pasangan katanya.dan dalam hal ini masing-masing contoh diberi nilai 5. jadi, dengan evaluasi dengan cara menyusun kalimat berdasarkan kosa kata ini memiliki skor= 0-10.
Scoring:
Scoring tes tulis : I= masing masing soal bernilai 0-10=30
                             II =10
                             III =masing-masing poin 5 =10

Scoring akhir tes tulis =skor I + skor II + skor III
                                    =…………

2. Non tes (penilaian kinerja/performance)
Aspek-aspek yang dinilai untuk menentukan ketercapaian indikator:
·        Kemampuan menanggapi / menjawab problematika.
·        Partisipasi dalam deskripsi praktek
·        Kemampuan mengapresiasikan/ menirukan prektek dalam berwudlu
·        Implementasi wudlu” yang baik, tepat dalam keseharian



a.                                                           Format penilaian
No
N A M A
Nilai Tingkat Pencapaian
Menanggapi Problematika
Partisipasi
Apresiasi
Implementasi
   1     





   2     





   3     





   4     





   5     





   6     





Rata-rata skor





b.     Rublik penilaian
Dilakukan dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ naratif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P. Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah dicapai siswa dengan skala angka (  missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang, skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala 90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad A,B,C,D ataupun E.
P. anecdotal/ naratif= menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P. Memori hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa membuat catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat kembali performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini tidak direkomendasikan).
Rubrik penilaian
Tingkat pencapaian
kualifikasi
deskripsi
90-100
A
SANGAT BAIK
80-89
B
BAIK
65-79
C
CUKUP
55-65
D
KURANG
10-54
E
SANGAT KURANG
Skoring terentang antara 10-100
3.Non tes (portofolio)
Penilaian ini ditujukan untuk  mengukur kemampuan, kreatifitas siswa/siswi.
a. Format  penilaian
No
Aspek penilaian
Skor tercapai
CATATAN
A
B
C
D
E
1
Kemampuan dalam qowaid






2
Kesinambungan dalam membuat kata/ kalimat (إنشاء)






3
Kerapian tulisan






4
Keindahan tulisan






5
Ketepatan/ kebenaran tulisan arab






Rata-rata skor (diambil yang dominant)







b. Rublik penilaian
Dilakukan dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ naratif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P. Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah dicapai siswa dengan skala angka (  missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang, skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala 90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad A,B,C,D ataupun E.
P. anecdotal/ naratif= menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P. Memori hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa membuat catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat kembali performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini tidak direkomendasikan).
Rubrik penilaian
Tingkat pencapaian
kualifikasi
deskripsi
90-100
A
SANGAT BAIK
80-89
B
BAIK
65-79
C
CUKUP
55-65
D
KURANG
10-54
E
SANGAT KURANG
Skoring terentang antara 10-100



4. Non tes (sikap)
Penilaian ini merupakan penilaian tehadap aspek-aspek non intelektual seperttio, sikap, minat, motivasi dan lain sebagainya.
Penilaian sikap/afektif diperlukan, mengingat penilaian sikap/afektif diperlukan, mengingat penilain sikap/afektif berpengaruh terhadap perilaku siswa/siswi dimasa yang akan dating. Siswa/siswi yang memiliki sikap positif terhadap belajar akan menjadi pembelajar dimasa depan.
Agar dapat meningkatkan kwalitas ibadah siswa/siswi kepada Allah yang tercermin dari akhlak atau tingkah laku siswa/siswi dalam kesehariannya. Maka, siswa/siisiwi dapat dinilai oleh dirinya sendiri, orang lain (ex: teman, orang tua.) melalui format penilaian sebagai berikut:


a.     Format Penilaian Orang lain.
no
Aspek sikap
Skor tercapai
Catatan
A
B
C
D
E
1
Dapat menirukan/ mengapresiasikan tata cara berwudhu’ yang baik, tepat. Sehingga dapat mengiplementasikan dalam kehidupan sehari-hari






2
Senantiasa melakukan hal-hal yang disunnahkan dalam berwudhu’






3
Berdo’a setiap kali sehabis wudhu’






4
Mengimplementasikan tata cara berwudhu’ sebagaimana yang telah dipraktekkan






5
Mampu membuat sebuah karangan/ إنشاءsecara kritis, tepat






6
Sikap kepribadian secara umum






7
Sikap positif terhadap orang lain






8
Kemandirian dan kepercayaan diri






9
Sikap positif terhadap belajar






10
Bijaksana (berpikiran tajam, berwawasan luas, cermat, teliti)






Rata-rata skor tercapai







b. Rublik penilaian
Dilakukan dengan pendekatan skala nilai/rating scale, anecdotal/ naratif, memori/ hafalan.
Keterangan:
P. Skala nilai/ rating skala= mengidentifikasi sejauh mana standar yang telah dicapai siswa dengan skala angka (  missal: skala 10-54= skla bermakna sangat kurang, skala 55-64= kurang, skala 65-79= skala bermakna cukup, skala 80-89= skala bermakna baik, dan skala 90-100= bermakna = sangat baik) atau juga, dapat dikualifikasikan dengan abjad A,B,C,D ataupun E.
P. anecdotal/ naratif= menuliskan laporan apa yang telah dilakukan siswwa dalam performansinya untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai standar yang ditentukan.
P. Memori hafalan= mengamati siswa/siswinya yang sedang mengerjakan tugas tanpa membuat catatan nilai pada saat itu. Setelah selesai barulah dia mengingat kembali performansi siswanya apakah berhasil atau tidak (namun, pendekatan ini tidak direkomendasikan).
Rubrik penilaian
Tingkat pencapaian
kualifikasi
deskripsi
90-100
A
SANGAT BAIK
80-89
B
BAIK
65-79
C
CUKUP
55-65
D
KURANG
10-54
E
SANGAT KURANG
Skoring terentang antara 10-100

c. Format penilaian diri sendiri.
Evaluasi dan penilaian non tes (sikap) dapat dilakukan oleh diri sendiri pula. Yang biasa disebut dengan SELF ASSESSMENT.
Contoh : Self Assessment.
Radial Diagram

Penentuan penilaian akhir/ total scoring:
Total skor akhir   =
                             =
                             =
                             =……
Keterangan : ST= Skor tes tulis
SK= Skor non tes(performance)
SP= Skor non tes(portofolio)

SS= Skor non tes (sikap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar