RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MTS
Kelas/ Semester : VII
Waktu/Pertemuan : 2 x 45 menit
Materi : التعارف - المدرسة
I.
Standart Kompetensi
- Menyimak / مهارة الاستماع
- Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan / dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
II. Kompetensi
Dasar
- Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, Frase, kalimat) tentang
III. Indikator
Siswa mampu
·
Memahami informasi dari
tema pelajaran التعارف
- المدرسة dan
juga mengidentifikasikannya
- Dapat melaksanakan مهارة الاستماع dengan baik, tepat, tentang
- Dapat menerapkan materi التعارف - المدرسة dalam kehidupan sehari-hari
IV. Tujuan
Pembelajaran
- Dapat memahami maksud dari materi التعارف - المدرسة
- Dapat mengidentifikasi kandungan materi التعارف - المدرسة
- Dapat melaksanakan مهارة الاستماع denga baik dan tepat
- Dapat menjelaskan kandungan materi التعارف - المدرسة
- memilih informasi yang lebih banyak dari materi التعارف - المدرسة
V. Deskripsi
Materi
- Pemahaman materi istima’ tentang التعارف - المدرسة melaluibuku/LKS dan juga CD/Kaset yang berupa film stsupun ysng lsinnya
VI. Alat Dan
Sumber Pembelajaran
1. Alat Pembelajaran (Media)
- VCD + CD
- Kaset
- Lembar Materi
- LAB Bahasa
- Lap Top + Proyektor
2. Sumber Pembelajaran
- Buku buku yang relavan
- LKS kelas VII bahasa Arab semester Ganjil
- CD / kaset
VII. Kegiatan
Pembelajaran
a. metode yang digunakan
- Ceramah/paparan
- استماع
- Drill
- Dialog sederhana
b. Langkah – langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Metode
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Salam
- Guru Mengkodisikan Situasi Kelas
- Guru Memberikan Pengenalan Terhadap Materi Yang Akan
Disampaikan
Kegiatan Inti
- Guru memperdengarkan paparan / حوار
tentang التعارف - المدرسة melalui CD/ kaset
- Guru
memberikan stimulus pada siswa agar mereka dapat menceritakan kembali maksud
dari paparan / حوار tentang التعارف - المدرسة
- Guru
menyimpulkan terhadap inti dari mata pelajaran التعارف - المدرسة sehingga murid lebih dapat menemukan
inti dan informasinya
- Guru
memberikan materi tertulis kepada murid serta membahasnya
- Guru
mendengarkan materi التعارف - المدرسة secara bertahap dan menyuruh murid untuk
mengungkapkannya kembali sebagaimana
materi yang didengarkan (secara bergiliran)
- Guru
memonitoring proses pembelajaran siswa,sebagai proses evaluasi
Penutup
- Guru
memberikan penjelasan singkat hasil materi dan حوار siswa
- Guru
memberi tugas siswa untuk mengahafal mufrodat-mufrodat yang baru
- Guru
memotivasi siswa untuk belajar yang giat terutama dalam bidang bahasa arab
- Salam
|
10 menit
15 menit
10 menit
5 menit
15 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah / Paparan
استماع
Paparan
Paparan Buku/ Lks
Actife Learning
Ceramah
Buku
Ceramah
|
VII. Evaluasi Dan Penilaian
Tes Psikomotor
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Istima’
Serta Pengulangannya
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
1
2
3
|
M. Rizki
Intan Aprilia
….
|
√
|
√
√
|
|
|
|
Keterangan:
A = 80 - 100
B = 66 - 79
C = 56 - 65
D = 40 - 55
E = 0 - 39
Tidak ada komentar:
Posting Komentar