Senin, 08 Februari 2016

contoh format hasil obserfasi materi bahasa arab

HASIL OBSERVASI

Materi Pelajaran          : فعل ثلاثي مزيد (تفاعل, إفتعل, تفعّل)

  • Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Dalam mengawali atau membuka pelajaran, guru yang kami observasi selalu mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam dan membaca do’a bersama dengan siswa, serta biasa membuka pelajaran dengan memberikan bahasa pengantar dengan baik. Kemudian guru biasa  memotivasi dan membuat suasana kelas yang enak dan menyenangkan, setelah siswa sudah siap menerima pelajaran guru selalu mengulang materi pada pertemuan minggu sebelumnya dengan membahas tugas rumah (PR) melalui tanya jawab bersama siswa. Selanjutnya, guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran dan menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa dalam proses belajar mengajar.
Sedangkan dalam menutup pelajaran, beliau memberi penguatan dengan membahas materi yang telah berlangsung melalui tanya jawab. Dan sebelum mengakhiri pelajaran beliau memberikan motivasi terhadap siswa agar lebih giat belajar.

  • Keterampilan Menjelaskan
Dalam proses belajar mengajar berlangsung, beliau menggunakan metode Teaching Learning dalam menyampaikan materi, yaitu guru yang berperan aktif sedangkan murid pasif. Sedangkan dalam penyampaian materi, beliau menjelaskan secara sistematis dan mudah di pahami, serta sering berdiri di depan kelas dengan harapan siswa dapat fokus ke depan semua dan pada materi yang disampaikan oleh guru.

  • Keterampilan Pertanyaan
 Dalam memberikan pertanyaan, guru selalu memberikan pertanyaan dengan jelas, sederhana dan sesuai dengan kemampuan siswa, baik sebelum materi dijelaskan maupun sesudahnya dan secara individu maupun kelompok. Guru juga selalu memberi pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan, dan memberi motivasi kepada siswa yang belum dapat menjawab pertanyaan. Melalui pertanyaan tersebut, guru dapat mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan.

  • Keterampilan Variasi
Guru yang kami observasi cukup variatif, dalam mengarahkan siswa dengan suara lantang, kontak mata, mimik wajah maupun ketegasan serta posisi yang beliau lakukan selama proses belajar mengajar berlangsung dapat mengarahkan perhatian siswa.

  • Keterampilan penguasaan kelas
Guru  menunjukkan sikap tanggap dalam membagi perhatian secara verbal, menegur siswa jika ada siswa yang menyimpang seperti tidur di kelas, ramai, atau membuat gaduh, tapi ada juga beberapa siswa yang masih sulit untuk dikondisikan sehingga hal itu cukup mengganggu dalam proses belajar mengajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar