HASIL OBSERVASI
Materi Pelajaran : فعل ثلاثي مزيد (تفاعل, إفتعل, تفعّل)
- Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Dalam
mengawali atau membuka pelajaran, guru yang kami observasi selalu mengawali
pelajaran dengan mengucapkan salam dan membaca do’a bersama dengan siswa, serta
biasa membuka pelajaran dengan memberikan bahasa pengantar dengan baik.
Kemudian guru biasa memotivasi dan
membuat suasana kelas yang enak dan menyenangkan, setelah siswa sudah siap
menerima pelajaran guru selalu mengulang materi pada pertemuan minggu
sebelumnya dengan membahas tugas rumah (PR) melalui tanya jawab bersama siswa. Selanjutnya,
guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran dan menginformasikan kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh siswa dalam proses belajar mengajar.
Sedangkan
dalam menutup pelajaran, beliau memberi penguatan dengan membahas materi yang
telah berlangsung melalui tanya jawab. Dan sebelum mengakhiri pelajaran beliau
memberikan motivasi terhadap siswa agar lebih giat belajar.
- Keterampilan Menjelaskan
Dalam proses belajar mengajar berlangsung, beliau
menggunakan metode Teaching Learning dalam menyampaikan materi, yaitu guru yang
berperan aktif sedangkan murid pasif. Sedangkan dalam penyampaian materi,
beliau menjelaskan secara sistematis dan mudah di pahami, serta sering berdiri
di depan kelas dengan harapan siswa dapat fokus ke depan semua dan pada materi
yang disampaikan oleh guru.
- Keterampilan Pertanyaan
Dalam memberikan
pertanyaan, guru selalu memberikan pertanyaan dengan jelas, sederhana dan
sesuai dengan kemampuan siswa, baik sebelum materi dijelaskan maupun sesudahnya
dan secara individu maupun kelompok. Guru juga selalu memberi pujian kepada
siswa yang dapat menjawab pertanyaan, dan memberi motivasi kepada siswa yang
belum dapat menjawab pertanyaan. Melalui pertanyaan tersebut, guru dapat
mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan.
- Keterampilan Variasi
Guru yang kami observasi cukup variatif, dalam
mengarahkan siswa dengan suara lantang, kontak mata, mimik wajah maupun
ketegasan serta posisi yang beliau lakukan selama proses belajar mengajar
berlangsung dapat mengarahkan perhatian siswa.
- Keterampilan penguasaan kelas
Guru menunjukkan sikap tanggap dalam membagi
perhatian secara verbal, menegur siswa jika ada siswa yang menyimpang seperti
tidur di kelas, ramai, atau membuat gaduh, tapi ada juga beberapa siswa yang
masih sulit untuk dikondisikan sehingga hal itu cukup mengganggu dalam proses
belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar